Kumpulan Arti Mimpi, Tafsir Mimpi, Makna Mimpi Menurut Primbon Paling Lengkap.

Rabu, 17 Oktober 2018

Lengkap Hitungan Weton Jodoh dan Ramalan Rumah Tangga menurut Primbon Jawa

Hitungan Weton Jodoh - Dalam budaya Jawa, perkara perjodohan bukanlah hal yang bisa dianggap sepele. Lewat hitungan-hitungan tertentu berdasarkan weton kelahiran sebuah pasangan, orang tua dulu dapat meramalkan atau memprediksi bagaimana kehidupan rumah tangga pasangan tersebut jika kelak sampai menikah.
Dari hitungan-hitungan yang dilakukan tersebut, ada ramalan perjodohan yang bernilai baik dan ada pula yang bernilai buruk. Bila sebuah pasangan memiliki hitungan perjodohan yang buruk, biasanya orang tua Jawa akan menolak dan tidak setuju bila anaknya terus melanjutkan hubungannya. Tak heran karena hal ini, banyak kita dengan cerita cinta sebuah pasangan yang tak direstui orang tuanya.
Nah, pada artikel kali ini, saya akan mencoba mengulas tentang bagaimana sebetulnya hitungan weton jodoh yang digunakan dalam budaya masyarakat Jawa tersebut secara sederhana. Hitungan weton jodoh ini adalah pesan orang tua dulu yang semoga bisa menambah wawasan bagi kita semua.

Hitungan Weton Jodoh

Menurut orang tua Jawa yang masih memegang erat budaya leluhurnya, perjodohan antara sepasang kekasih dapat diramalkan dari weton kelahiran keduanya, yaitu weton kelahiran si pria dan weton kelahiran si wanitanya.
Hitungan Weton Jodoh dan Ramalan Rumah Tangga menurut Primbon Jawa Dari weton kelahiran tersebut, nantinya dapat dihitung bagaimana nilai perjodohan pasangan tersebut bila nantinya sampai menikah. Kehidupan rumah tangganya dapat diketahui dengan melihat jatuhnya nilai perhitungan. Apakah jatuh pegat, ratu, jodoh, topo, tinari, padu, sujanan, atau jatuh pesthi.

Cara Menghitung Weton Jodoh dan Kecocokannya

Untuk menghitung kecocokan pasangan berdasarkan weton kelahiran, pertama-tama kita dapat menggunakan tabel berikut untuk mengetahui nilai neptu weton kelahiran dari masing-masing pasangan.
Weton
Wage (4)
Kliwon (8)
Legi (5)
Pahing (9)
Pon (7)
Minggu (5)
9
13
10
14
12
Senin (4)
8
12
9
13
11
Selasa (3)
7
11
8
12
10
Rabu (7)
11
15
12
16
14
Kamis (8)
12
16
13
17
15
Jumat (6)
10
14
11
15
13
Sabtu (9)
13
17
14
18
16
Contoh :
~ Si laki-laki lahir Minggu Legi nilainya 10.
~ Si perempuan lahir Selasa Wage nilainya 7.
~ Berarti nilai weton jodohnya adalah 10 + 7 = 17
 
 
Perhitungan Weton Jodoh :
Nilai 17 dibagi 8, hasilnya 2 dan sisa 1. Nilai sisa 1 tersebut berarti memiliki makna pasangan pada contoh memiliki perhitungan weton jodoh jatuh PEGAT.
Anda bisa melakukan perhitungan serupa untuk mengetahui kecocokan weton jodoh antara Anda dan pasangan. Jatuhnya hitungan kecocokan dapat diketahui lewat tabel berikut.
Sisa Jatuh Artinya
1
PEGAT Akan menemukan masalah -baik ekonomi, perselingkuhan, kekuasaan, kesehatan, yang akan menyebabkan perceraian.
2
RATU Kecocokan jodoh yang sangat baik. Dalam berumah tangga, keluarganya dihargai dan banyak yang iri dengan keharmonisannya.
3
JODOH Kecocokan antara keduanya, karena bisa saling menerima kelebihan dan kekurangan satu sama lain. Pernikahan akan abadi sampai maut memisahkan.
4
TOPO Susah di awal mudah di belakang. Biasanya ketika belum punya anak ekonominya sulit, tapi setelah punya anak, rejekinya lancar.
5
TINARI Mudah hidup dan rejekinya. Apa yang dicita-citakan selalu kelaksanan.
6
PADU Sering bertengkar karena masalah-masalah yang bahkan kadang sepele. Namun begitu, pertengkaran tidak sampai menyebabkan perceraian.
7
SUJANAN Sering menghadapi masalah perselingkuhan, baik si pria, maupun si wanitanya.
0
PESTHI Rukun, tentram, dan adem ayem sampai tua. Walau ada masalah, namun keharmonisannya tetap terjaga.
Nah, itulah ulasan singkat yang dapat saya berikan mengenai bagaimana cara menghitung weton jodoh dan kecocokan pasangan bila sampai keduanya menikah. Anda boleh menggunakan atau boleh pula mengabaikan hitungan ini. Yang jelas, Anda sendiri bisa menilai benar dan tidaknya hitungan tersebut dengan melihat bagaimana kehidupan rumah tangga pasangan-pasangan di sekitar Anda yang sudah menikah. Semoga bermanfaat!

Previous
Next Post »

Posting Komentar